Kabar Gembira, Bus Umum Boleh Lalui Jembatan Cisomang
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 23 Feb 2017 14:51 , Dilihat Sebanyak : 13 Kali

BANDUNG,(PR).- Bus angkutan umum bisa kembali melintasi jembatan Cisomang, ruas tol Purbaleunyi KM 100+700. Ini setelah akhir tahun lalu, jembatan cisomang ditutup sementara untuk kendaraan berat termasuk bus dan truk, akibat pergeseran pilar penyangga badan jalan tol.

Namun meskipun bus angkutan umum diperkenankan melintas, hal ini tidak berlaku bagi truk bersumbu besar. Kendaraan tersebut tetap harus menggunakan jalur pengalihan yang sudah diarahkan Dishub maupun kepolisian.

“Kabar baik, mulai hari ini bus umum boleh melintas Jembatan Cisomang,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik kepada wartawan, Kamis, 23 Februari 2017.

Dia memastikan bus umum sudah bisa melintasi jembatan Cisomang, Tol Cipularang per Kamis, 23 Februari 2017. Keputusan ini merupakan hasil rapat pihaknya bersama Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga, Korlantas serta Jasa Raharja.

Dengan dibukanya Cisomang untuk bus umum, kata dia, maka perjalanan penumpang dari arah Jakarta-Bandung dan sebaliknya bisa lebih cepat dibanding saat ditutup, bus harus memutar.

Menurut dia, ketika jembatan Cisomang tertutup bagi bus umum, perjalanan Jakarta-Bandung harus ditempuh hingga 7-12 jam.‎‎‎ Dengan dibukanya akses untuk bus umum maka kerugian yang dialami oleh para pengusaha bus tidak akan terjadi lagi seperti pada saat ditutup.

“Satu rit bus dari Bandung ke Jakarta itu kerugiannya bisa mencapai Rp248.000, sekarang dibuka menjawab permasalahan itu,”ujar dia.

Meski diperbolehkan, kata Dedi, pihaknya tetap meminta agar para pengendara bus tetap berhati-hati.Diakui dia, saat ini sejumlah bus sudah mulai melintas. Sementara, saat ini jembatan tersebut masih dalam proses perbaikan.‎

Dedi menjelaskan, truk bersumbu besar masih tidak diperbolehkan karena proses pengerjaan perbaikan jembatan masih terus dilakukan.

Sebelumnya, perbaikan Jembatan Cisomang di KM 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi, baru mencapai 25 persen setelah hampir dua bulan diperbaiki. Sementara, target perbaikan jembatan sebelumnya ditargetkan rampung Maret ini. Meski demikian, paling tidak perbaikan Cisomang bisa digunakan pada musim mudik tahun ini. (Novianti Nurulliah)