Jokowi: Konsep Pendidikan Nasional Harus Mampu Ubah Mentalitas Bangsa
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 03 Feb 2017 11:07 , Dilihat Sebanyak : 18 Kali

JAKARTA, (PR).- Dunia pendidikan membutuhkan konsep yang mampu mengubah mentalitas bangsa agar melahirkan sumber daya manusia yang lebih kompetitif dan inovatif. Hal tersebut menjadi sangat penting mengingat persaingan global di segala aspek semakin ketat.

Apalagi pendidikan nasional telah menjadi tumpuan dalam membentuk masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, menyiapkan masyarakat yang andal memang tidak mudah. Namun, dengan selalu memupuk sikap optimistis, pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas akan terwujud.

Menurut dia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan strategis seperti merevitalisasi perguruan tinggi dan pendidikan vokasi. “Saya berharap dari Konferensi Forum Rektor Indonesia tahun 2017 ini lahir konsep-konsep pendidikan yang mengubah mentalitas bangsa kita menjadi bangsa yang lebih kompetitif dan inovatif dalam memenangi persaingan dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujar Jokowi di Jakarta Convention Center, Jakarta, 2 Februari 2017.

Dalam menyiapkan masyarakat yang andal, Presiden mendorong keberanian seluruh pihak, terutama para pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan untuk melakukan lompatan dalam dunia pendidikan.

“Dalam dunia seperti ini kunci untuk bertahan hidup dan memenangi persaingan serta mencapai kemajuan terletak pada kekuatan sumber daya manusia. Karena itu kita harus berani melakukan lompatan-lompatan dalam dunia pendidikan sehingga lahir sumber daya manusia yang memiliki etos kerja, kreativitas, dan inovasi yang tinggi,” ujarnya.

Menurut dia, pendidikan vokasi akan memainkan peranan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang terampil.