Jawa Barat Raih Penghargaan Destinasi Wisata Halal Unggulan
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 10 Apr 2019 09:31 , Dilihat Sebanyak : 1057 Kali

Bandung, KBRN – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan, meraih penghargaan Destinasi Wisata Halal Unggulan, dalam Indonesia Moslem Travel Index (IMTI) 2019, di Gedung Binakarna Auditorium Bidakara Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Penghargaan yang langsung diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik tersebut diraih, karena Jawa Barat termasuk dalam 10 destinasi pariwisata unggulan dalam IMTI.

“Peluang ini harus ditangkap oleh industri pariwisata Jawa Barat. Menyusul pernyataan Menpar RI Arief Yahya, bahwa Indonesia diperhitungkan dalam industry pariwisata halal dunia,”ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik.

Dikatakannya juga, Jawa Barat akan melakukan berbagai langkah percepatan, untuk mewujudkan Jabar Juara Pariwisata Halal. Selain itu juga, dengan target kunjungan wisman muslim secara nasional tahun 2019 sekitar 5 juta orang, Dedi menyatakan Jawa Barat siap untuk mempercepat pengembangan wisata halal.

“Jawa Barat siap untuk melakukan berbagai upaya percepatan pengembangan destinasi wisata halal. Ini membutuhkan kerja keras dari semua pihak, secara Pentahelix, untuk mewujudkan Jabar Juara Pariwisata Halal,”tegasnya.

Ia juga menjelaskan, ada empat kriteria yang mengacu pada standar Global MTI, yaitu Access, Communication, Environment dan Services.

Melalui pembangunan West Java Smart Tourism dan Integrated Tourism Services yg mengacu pada peningkatan kualitas pelayanan wisatawan, pihaknya ungkap Dedi optimis untuk wujudkan Jabar Juara Pariwisata Halal.

Tahun 2019 adalah tahun kedua penerapan standar global MTI dalam menilai kinerja destinasi pariwisata halal unggulan Indonesia. Peringkat terbaik diperoleh Lombok, disusul Aceh, Kep.Riau,DKI Jakarta, Sumbar, Yogyakarta, Jawa Barat, Malang, Jateng, dan Makasar.

Seperti diketahui, Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

CEO Crescent Rating Fazal Bahardeen ketika menyampaikan report GMTI 2019 di Pullman Hotel Jakarta menyebutkan bahwa lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent menempatkan Indonesia pada ranking pertama standar GMTI dengan skor 78 bersama dengan Malaysia yang sama-sama berada di ranking teratas.