JAWA BARAT AJUKAN KOMPENSASI BBM BAGI PETANI
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 01 Jul 2013 20:17 , Dilihat Sebanyak : 21 Kali

Penulis: antarajawabarat.com

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat akan mengajukan kompensasi kenaikan harga BBM bagi para petani di provinsi itu.

“Kami sedang merancang terkait pengajuan kompensasi bagi para petani yang terkena imbas kenaikan harga BBM, salah satunya untuk pengganti kenaikan BBM traktor dan tranportasi,” kata Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat Diden Trisnadi di Bandung, Kamis.

Menurut Diden, para petani perlu ada skema kompensasi dari kenaikan harga BBM itu, pasalnya tidak semua dari kalangan mereka menerima dana program BLSM.

Namun demikian, Diden tidak menyebutkan skema kompensasi seperti apa yang akan diperuntukan bagi para petani di Jawa Barat. Yang jelas kata dia dilakukan dengan memaksimalkan anggaran APBD Jawa Barat.

“Pengaruh kenaikan BBM pasti dirasakan para petani, terdekat mungkin harga solar untuk traktor naik, transportasi naik demikian juga upah buruh juga akan naik. Jelas itu butuh skema dalam bentuk kompensasi,” kata Diden.

Ia menyebutkan, skema kompensasi dampak kenaikan BBM itu akan digulirkan di awal musim tanam. Kemungkinan besar bukan dalam bentuk bantuan benih bersubsidi yang telah digulirkan selama ini.

“Pokoknya yang dirasakan para petani secara langsung dan mendorong produktivitas,” kata Diden Trisnadi.

Sementara itu terkait dengan karakter musim kemarau basah di wilayah Jawa Barat, kata Diden artinya tidak terlalu berpengaruh bagi para petani padi karena kecukupan air bisa maksimal dan angka kekeringan kemungkinan menurun.

Namun demikian untuk beberapa komoditas, musim kering basah ini cukup berpengaruh antara lain untuk tanaman cabai, kentang, wortel dan bawang.

“Di beberapa daerah ada keluhan petani cabai terkena dampaknya, produktivitasnya menurun. Hal itu perlu diantisipasi jelang kenaikan permintaan pada Ramadhan dan Lebaran mendatang,” kata Diden Trisnadi menambahkan.