Jaring Bibit Atlet Potensial, Kejuaraan Renang Piala Kang Aher Kembali Digelar
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 08 Mar 2017 10:26 , Dilihat Sebanyak : 101 Kali
Dokumentasi Humas Jabar

BANDUNG – Sebagai bentuk pembinaan dan wadah peningkatan prestasi atlet renang kembali digelar Kejuaraan Renang Piala Kang Aher III Antarsiswa TK, SD, SMP, dan SMA se-Jawa dan Bali. Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) di Kolam Renang Kampus UPI Bandung, Jl. Setiabudhi No. 229, Kota Bandung, Jumat (3/3/2017).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Kejuaraan Renang Piala Kang Aher 2017 ini diperluas cakupannya hingga pulau Bali. Dari kejuaraan ini diharapkan melahirkan bibit atlet baru dari cabang olahraga Renang, sehingga bisa mendorong prestasi para atlet dan kemajuan olahraga nasional.

“Nah, yang kita inginkan dari kejuaraan ini adalah hadirnya bibit baru, perenang-perenang baru. Sebab standar bahwa kita memajukan olahraga itu adalah ada atlet-atlet baru,” ungkap Aher usai acara pembukaan kejuaraan di hadapan awak media.

Oleh karena itu, Aher mengatakan pihaknya akan terus mendorong berbagai pihak agar melaksanakan berbagai event olahraga. Melalui sebuah kompetisi akan bisa terukur tingkatan prestasi para atlet yang ada dari setiap cabang olahraga.

“Berbagai cabang-cabang olahraga kita dorong untuk terus melaksanakan event-event, melaksanakan pertandingan untuk mengukur prestasi pada cabang olahraga masing-masing, sehingga kita bisa mengukur berbagai cabang olahraga bahwa kita punya prestasi tertentu di tingkat nasional, termasuk prestasi di tingkat internasional,” ujar Aher dalam sambutan di acara pembukaan kejuaraan.

Penyelenggaraan berbagai event olahraga dinilai penting. Hal ini bisa memicu lahirnya atlet generasi baru sebagai bagian dari pembinaan. Untuk itu, Aher mengajak semua pihak untuk mendukung kemajuan olahraga nasional melalui kualitas penyelenggaraan kompetisi yang baik.

“Oleh karena itu, event-event seperti ini mari kita jadikan sebagai event tahunan  yang kemudian akan mengontrol prestasi yang sudah ada termasuk membangun prestasi baru,” tukas Aher.

“Tiap tahun sudah ada kejuaraan (Kejuaraan Renang Piala Kang Aher) ini. Mudah-mudahan kian hari, ke depan semakin bagus penyelenggaraannya, semakin profesinal, sehingga tidak hanya masuk kalender PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Jawa Barat, tetapi masuk event tahunan yang berkualitas,” tambahnya.

Kejuaraan renang ini diikuti 600 peserta dengan berbagai nomor pertandingan berdasarkan tingkatan usia. Event ini sudah masuk dalam kalender event tahunan PRSI Jawa Barat.

Senada dengan Aher, menurut Ketua PRSI Jawa Barat Eri Hendarmin, kejuaraan renang ini adalah salah satu betuk program pembibitan.

“Kami sangat mendukung apa yang digelar oleh PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) ini,” ucap Eri dalam sambutan di acara pembukaan kejuaraan.

“Kita harus bisa berusaha mendorong prestasi para atlet usia muda, sebagai wadah pembibitan atlet renang khususnya di Jawa Barat,” lanjutnya.

Kejuraan Renang Piala Kang Aher III ini digelar oleh PWI dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat dalam rangka Hari Pers Nasional 2017. Kejuaraan ini digelar pada 3-4 Maret 2017 di Kolam Renang Kampus UPI Bandung.

Menurut Ketua Panitia Kejuaraan Anjar Asmara, ada empat alasan digelarnya kejuaraan ini. Pertama, untuk memfasilitasi para siswa perenang dalam meningkatkan prestasi. Kedua, menjaring bibit atlet renang potensial. Ketiga, terciptanya interaksi positif diantara sekolah. Keempat, lahirnya semangat dan sportivitas di kalangan generasi muda.

“Kami berharap upaya PWI dan IKWI yang dikaitkan dengan peringatan Hari Pers Nasional dapat menjadi salah satu kegiatan untuk memberikan pembinaan dan peningkatan prestasi bagi para atlet renang usia dini, khususnya di Jawa Barat,” kata Anjar dalam laporannya di acara pembukaan kejuaraan.

Kejuraan Renang Piala Kang Aher III Tahun 2017 memberikan penghargaan berupa medali, piagam, dan hadiah sumbangan dari mitra kerja kepada juara dari masing-masing kelompok umur. Selain itu, pada tahun ini ada hadiah tambahan berupa tabungan dri Bank BJB yang akan langsung diproses untuk diaktifkan. Sementara untuk juara umum, yaitu sekolah yang menghasilkan juara terbanyak akan menerima piala tetap Kang Aher dan uang pembinaan. (Humas Jabar)