Iwa Karniwa: Perpres Cekungan Bandung Ditargetkan Tuntas Akhir 2016
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 20 Oct 2016 10:21 , Dilihat Sebanyak : 18 Kali

Bisnis.com,BANDUNG–Sekda Jabar Iwa Karniwa mengaku Pemprov Jabar masih menunggu perkembangan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sepanjang 142 kilo meter dari PT KCIC.

Kepastian menurutnya penting karena di satu sisi Pemprov Jabar saat ini terus mendukung kelancaran pembangunan mega proyek tersebut, khususnya penyiapan dari sisi tata ruang. “Untuk kereta cepat tinggal ada perubahan tata ruang yang belum masuk seperti Kabupaten Karawang dan beberapa daerah yang belum masuk,” tuturnya di Bandung, Rabu (19/10/2016).

Iwa mengatakan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga sudah masuk dalam rancangan peraturan presiden (raperpres) cekungan Bandung. Raperpres tersebut akan mengatur dari sisi tata ruang sehingga pembangunan kereta cepat ini tidak merusak kondisi lingkungan di delapan kabupaten/kota yang akan dilintasinya.”Kami Provinsi Jabar terus mendorong sesuai kewenangan,” ujarnya.

Selain itu pembangunan kereta cepat, raperpres cekungan Bandung juga mengatur terkait pembangunan delapan jalur LRT Bandung raya. Dengan begitu dari sisi aspek tata ruang dan lanjutannya sudah bisa disesuaikan dengan rencana yang ada. “Mudah-mudahan di akhir 2016 ini usulan kami bisa disetujui pusat,” katanya.

Disinggung soal revisi tata ruang wilayah Kabupaten Karawang, Iwa mengatakan, masih dalam perubahan untuk disesuaikan dengan rencana tata ruang nasional. Terutama mengenai kordinat setiap transit oriented development (TOD) kereta cepat yang akan dikembangkan. “Kami masih tunggu informasi dari PT KCIC,” tegasnya.