Industri Makanan Olahan Menjanjikan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 03 Mar 2014 23:34 , Dilihat Sebanyak : 67 Kali

CIAMIS, (KP).- Kabupaten Ciamis mempunyai potensi besar di bidang industri makanan olahan. Berbagai makanan olahan dari mulai makanan ringan hingga makanan besar setiap harinya diproduksi oleh pengusaha-pengusaha industri baik pengusaha industri kecil atau besar.
Dinas perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Ciamis mencatat ada sekitar 13 ribu jenis ma­kanan olahan yang diproduksi oleh pengusaha industri makanan.
Kepala Bidang Industri Dinas Pe­rindustrian Perdagangan dan Ko­perasi (Diperindagkop) Kabupaten Ciamis Rahman mengatakan potensi usaha di bidang industri makanan di Ciamis begitu menjanjikan.
Dia mencontohkan usaha produksi kerupuk yang dilakukan para pengusaha di Ciamis yang saat ini melejit penjualannya.
Distribusi kerupuk produksi Ciamis sudah sampai hingga ke pulau Su­matera dan Kalimantan.
“Ini menunjukan kalau Ciamis punya potensi besar untuk bisa me­ningkatkan taraf hidup masyarakat dengan usaha di bidang industri makanan,” katanya belum lama ini di kantornya.
Rahman menuturkan saat ini masih banyak pasar-pasar di berbagai daerah yang membutuhkan suplai makanan olahan terutama kerupuk.
Bahkan kata dia kerupuk buatan pengusaha di Kecamatan Baregbeg sudah rutin didistribusikan hingga tonan dalam satu bulannya ke Kalimantan.
“Dengan pesatnya perkembangan usaha di bidang makanan, maka akan meningkatkan taraf kehidupan ma­syarakat juga bisa mengurangi angka pengangguran dengan dibu­kanya lowongan pekerjaan oleh perusahaan industri makanan,” katanya. E-40***