Idul Adha, Aher Ajak Masyarakat Contoh Kehidupan Sang Legenda
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 13 Sep 2016 10:14 , Dilihat Sebanyak : 10 Kali

KOTA BANDUNG – Hari Raya Idul Adha bagi umat Muslim identik dengan keteladanan Nabi Ibrahim AS. Beliau adalah suri tauladan dan legenda kehidupan umat yang menjadi inspirasi bagi kehidupan tentang ketauhidan dan kemantapan imannya kepada Allah SWT.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dalam khutbah Idul Adha 1437 H di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Jl. Dalem Kaum Kota Bandung pada Senin (12/9/16). Aher pun mengajak masyarakat untuk menjadikan Nabi Ibrahim sebagai teladan dengan menghilangkang sifat kebinatangan yang ada pada diri setiap umat manusia.

“Ibrahim dan keluarganya yang melegenda menjadi inspirasi kepada kita semua untuk meningkatkan kualitas pribadi kita dengan hikmah berupa ilmu, kebijaksanaan, dan akhlak mulia, serta membangun ketahanan kelurga dengan fondasi tauhid yang kokoh di tengah ancaman yang luar biasa merusak terhadap anak-anak sebagai generasi harapan umat, pelanjut perjuangan di masa depan,” ungkap Aher dalam khutbahnya.

Untuk itu, menurut Aher keluarga Ibrahim telah berhasil melewati ujian ilahi dan keluar sebagai juara. Mereka berhasil meningkatkan sifat kemanusiaannya dengan keimanan dan mengeliminir sifat kebinatangan, sebagaimana Nabi Ismail yang diselematkan dan diganti domba.

Lanjut Aher, umat membutuhkan keluarga semodel Ibrahim AS yang berhasil menyembelih kebinatangannya serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai ilahi dalam dirinya. Model keluarga Ibrahim ini menjadi inspirasi di tengah realitas peradaban manusia yang dipenuhi sifat-sifat kebinatangan.

Shalat Idul Adha 1437 H tingkat Provinsi Jawa Barat ini dipimpin oleh Ust. Hadiyan Akbar yang merupaka juara internasional Hafidz 30 Juz Al-Quran.

Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat pada Idul Adha tahun ini akan menyembelih hewan qurban sebanyak 12 ekor sapi dan 12 ekor domba yang akan dibagikan ke 3.500 sampai 4.000 mustahik. Hewan qurban tersebut berasal dari Presiden RI, Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung, dan para jemaah atau majelis taklim Masjid Raya Bandung. Setelah bertindak sebagai khatib Aher pun langsung menyembelih hewan qurban tersebut.

Sementara di lingkungan Pemprov Jawa Barat tahun ini terkumpul hewan qurban sebanyak 92 ekor sapi, terdiri dari 42 ekor berasal dari para pegawai dan 50 ekor dari Baznas Jabar, serta 22 ekor domba yang tersebar ke seluruh wilayah di Jawa Barat.

“Saya juga menghimbau masyarakat Jawa Barat termasuk pegawai pemprov untuk berqurban dan biasanya mereka berqurban di tempat masing-masing. Tahun lalu kita targetkan minimal per orang berqurban satu ekor dan hampir separuh karyawan berqurban. Jadi tercatat ada 7000 setara kambing,” tukas Aher.