Hari Pertama PON XIX, Jabar Optimistis Raih Enam Emas
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 15 Sep 2016 11:37 , Dilihat Sebanyak : 110 Kali

BANDUNG, (PR).- Kontingen Jawa Barat optimistis meraih enam medali emas dari sembilan emas yang diperebutkan, pada perebutan medali pertama PON XIX/2016 yang akan berlangsung Rabu, 14 September 2016.

Cabang olah raga yang akan memulai perebutan medali emas adalah cabang olah raga Renang dan Drumband. Di cabang olahraga Renang yang digelar di Kolam Renang UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, akan diperebutkan sebanyak tujuh medali emas. Dan di cabang olah raga Drumband yang digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

“Dari dua cabang olahraga itu, kita harapkan bisa meraih enam medali emas. Dari renang sebanyak empat medali emas dan dari drumband kita harapkan bisa melakukan sapu bersih yakni dua medali emas,” ujar Wakil Komandan Satlak Jabar Kahiji, Verdia Yosef, di ruang Kominfo KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa, 13 September 2016.

Yosef mengatakan, dari cabang olah raga renang, empat medali emas diharapkan bisa diraih dari nomor 400 meter gaya bebas putra, 200 meter gaya ganti perorangan putra, estafet 4×200 meter gaya bebas, dan 400 meter gaya bebas putri.

Sementara di nomor lain di cabang olah raga renang yang dipertandingkan hari ini yakni 100 meter gaya dada, kemungkinan besar akan diperebutkan oleh DKI Jakarta dan Jatim. “Di 400 meter gaya bebas kita punya Ricky Anggawijaya, Afiah Fadlan Prawira dan Satrio Bagaskara, lalu di 200 meter gaya ganti putra ada Triady Fauzi Sidiq, dan di 400 meter gaya bebas putra ada Raina Saumi Grahana Ramadhani. Sedangkan di estafet, kita punya quartet peraih medali perak SEA Games 2015 yakni Triady, Fadlan, Ricky dan Satrio,” katanya.

Untuk nomor 200 meter gaya ganti putri, kemungkinan akan diraih Jatim melalui atlet yang berasal dari Jabar yakni Ressa Kaniadewi. Pasalnya, Ressa merupakan peraih medali emas di nomor tersebut pada PON XVIII tahun 2012 di Riau yang saat itu masih membela Jabar.

“Kita pun masih mempertanyakan status dua atlet Jatim tersebut yakni Ressa dan Glen (Victor Susanto). Pasalnya, mereka berdua masih tercatat sebagai warga Kota Bandung dan alasan kepindahan untuk kuliah pun status mahasiswanya belum keluar,” ujarnya.

Yosef mengatakan, untuk mendukung pencapaian target medali emas tersebut, pihaknya pun akan mengerahkan sekitar 1000 suporter untuk mendukung perjuangan atlet di kolam renang UPI. Begitu pun dengan dukungan bagi atlet drumband yang akan berlaga Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

“Kekalahan kita di cabang olah raga Hoki Indoor atas DKI Jakarta tadi siang, akan kita balas di cabang olah raga renang dan drumband. Dari sembilan medali emas yang diperebutkan, kita targetkan bisa meraih enam emas,” tutur Yosef.