Gerakan Pramuka Meningkatkan Pembangunan Masyarakat dan Kepedulian Sosial
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 14 Apr 2021 15:02 , Dilihat Sebanyak : 140 Kali

KOTA BANDUNG – Dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 15 tahun 2021 tentang Pakaian Dinas Di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tentang penggunaan seragam pramuka pada tanggal 14 setiap bulannya untuk para ASN, BPSDM Jabar berkolaborasi dengan Gerakan Pramuka Jawa Barat menyelenggarakan webinar perdana kepramukaan untuk ASN Jabar yang bertema “Semangat Pramuka Untuk Meraih Jabar Juara” pada Rabu (14/4) secara virtual.

Webinar ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Perangkat Daerah Provinsi Jabar, Ketua Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting Pramuka Jabar, serta pihak-pihak lainnya yang terkait dengan webinar ini. Kepala Bappeda Jabar, Ferry Sofwan Arif, turut menghadiri webinar ini.

Kepala BPSDM Jabar dalam pembukaan webinar ini menyampaikan bahwa gerakan pramuka telah terbukti efektif untuk meningkatkan pembangunan masyarakat dan kepedulian sosial dalam banyak bentuk kegiatan bakti masyarakat.

“Terutama di saat pandemi seperti sekarang ini, Gerakan Pramuka juga harus mampu berkontribusi besar dalam pembangunan pendidikan karakter anak bangsa, penguasaan keterampilan hidup yang lebih baik, dan mendorong peningkatan kesehatan jasmani serta rohani para anggotanya,” tuturnya.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpesan agar Gerakan Pramuka melahirkan pemuda-pemuda, minimal pemimpin diri sendiri. Sebab tidak semua orang lulus memimpin dirinya sendiri. Pramuka juga harus adaptif. Jika ingin dicintai generasi Z dan generasi Alpha, maka pramuka harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan mereka. Pramuka juga harus bisa terbaca kebermanfaatannya bagi masyarakat.