Garut Diguncang Gempa Bumi
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 16 Feb 2017 12:04 , Dilihat Sebanyak : 35 Kali
Pikiran-rakyat.com

GARUT, (PR).- Gempa bumi mengguncang Jawa Barat, Kamis 16 Februari 2016 dini hari pukul 1:53 WIB. Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter ini cukup kuat dirasakan warga Jawa Barat hingga ke Kota Bandung dan Subang.

Seperti dilaporkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di barat daya Garut dengan kedalaman 19 kilometer. Gempa yang cukup dangkal ini kemungkinan besar yang menjadi alasan mengapa gempa dirasakan cukup kuat di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Agak sedikit berbeda dengan yang dilaporkan BMKG, USGS milik Amerika Serikat mencatat bahwa gempa bumi terjadi di wilayah selatan Jawa Barat tepatnya di Puncakwangi dengan kekuatan 4,9 skala Richter dan kedalaman 78,6 kilometer.

Seperti dilaporkan netizen yang menanggapi akun Twitter @InfoBMKG dan @pikiran_rakyat, gempa dirasakan sangat kuat di wilayah Garut hingga ke wilayah Bandung, Subang, Sukabumi, Ciamis, hingga Bogor. Hingga pukul 2.30 WIB belum ada laporan kerusakan yang disebabkan oleh getaran gempa ini.

Seperti diketahui, gempa cukup besar juga terjadi di Jabar selatan Senin 13 Februari pukul 15.12 WIB. Saat itu, gempa bumi memiliki kekuatan 5,1 skala Richter dengan episentrum terletak di koordinat 7,94 LS-108,22 BT, tepatnya di Samudra Hindia di jarak 33 km tenggara Tasikmalaya dengan dengan kedalaman 66 kilometer. (Deni Yudiawan)