FGD Penentuan Tantangan untuk Mewujudkan Target Setiap Goals SDGs
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 14 Sep 2018 14:54 , Dilihat Sebanyak : 84 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR — Kamis, (13/9) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Provinsi Jawa Barat di Kantor Bappeda Jabar (ex. Pusdalisbang) Jl. Sangkuriang No.2, Dago, Kota Bandung.

Dihadiri perwakilan dari beberapa LSM maupun Perangkat daerah terkait seperti, SDGs Center UNPAD, ‘Aisyiyah Jabar, BAZNAZ Jabar, dan SAPA Institute Jabar.

Mengusung tema Penentuan Tantangan untuk Mewujudkan Target Setiap Goals SDGs, penyusunan RAD SDGs Jawa Barat dalam penyusunan tersebut dipandang penting untuk kondisi capaian tantangan pelaksanaan SDGs.

Seperti diketahui sebelumnya Bappeda Jabar telah melaksanakan sosialisasi penyusunan RAD dan dihadiri langsung direktur Eksekutif SDGs Center UNPAD Dr. Zuzy Anna, M.Si serta beberapa narasumber.

Maksud dilaksanakannya pertemuan ini adalah tindak lanjut  dari sosialisai sebelumnya untuk membangun komitmen bersama seluruh stakeholder terkait dalam pencapaian TPB/ SDGs di Jawa Barat terutama bagi UPT Kementrian / Lembaga Pusat yang ada di Jawa Barat dengan tujuan Menentukan target dan indikator dari goals SDGs yang relevan dengan Tupoksi UPT Kementrian / Lembaga untuk kemudian dilakukan Pengisian Teknis Matrik II (Program Kegiatan).

TPB/SDGs bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumber daya yang terkandung didalamnya dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil.

Diharapkan setelah kegiatan ini, RAD TPB SGDs dapat segera disusun Sesuai dengan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang turut mengamanahkan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mencapai TPB/SDGs Agenda 2030 sesuai dengan Perpres No.59 tahun 2017.