FGD, Kepala Bappeda Kenalkan Rebana
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 30 Jan 2020 08:01 , Dilihat Sebanyak : 131 Kali

KOTA BANDUNG – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat, kenalkan Segitiga Emas “Rebana” Kertajati-Patimban-Cirebon kepada anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota Jawa Barat Fraksi PDIP dalam Forum Group Discussion (FGD) bertemakan Infrastruktur dan Lingkungan Hidup di Kantor Dewan Perwakilan Daerah PDI-Perjuangan Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Pada Segitiga Emas Rebana, akan hadir 2 pelabuhan laut , yaitu Pelabuhan Patimban dan Pelabuhan Cirebon, serta Bandara Kertajati yang kini sudah mulai beroperasi. Dengan adanya pelabuhan dan bandara tersebut, membuat Kawasan ini memiliki pintu masuk dan keluar melalui udara dan laut. “Ketiganya akan lahir dan berkembang. Perkembangannya akan luar biasa,” ucap Kepala Bappeda, M. Taufiq Budi Santoso.

Tak cukup itu saja, pada Segitiga Emas Rebana, telah direncanakan pula pembangunan Kereta Api Cepat yang akan disambungkan ke Kertajati hingga Cirebon. Kereta Api Semi Cepat Jakarta-Cirebon pun akan melewati wilayah Rebana ini.

Taufiq mengatakan, Rebana diharapkan dapat menjadi solusi bagi pembangunan wilayah di Jawa Barat. Mengingat saat ini pusat pertumbuhan ekonomi lebih terkonsentrasi di wilayah sekitar Jabodetabek dan Bandung.

Ia menambahkan, harapan pemerintah, Rebana akan menjadi kawasan industri baru. Dengan Kawasan seluas lebih kurang 54 ribu hektar, Rebana mampu membuka lebih dari 5,4 juta peluang lapangan kerja baru.

“Jika terbangun semua, Rebana menjawab solusi dari pengangguran,” tuturnya.

Dengan terciptanya peluang lapangan kerja, maka diharapkan Rebana akan mampu mengurangi angka kemiskinan di Jawa Barat, terutama Kawasan Rebana. Taufiq menyampaikan bahwa sebagian wilayah Rebana saat ini terkategorikan sebagai penduduk miskin.

“Laju pertumbuhan ekonomi dan upah minimumnya pun masih relatif rendah,” tambah Taufiq.

Pada kegiatan FGD yang dihadiri juga oleh perwakilan Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air, dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Taufiq menyampaikan harapannya agar Rebana mampu menjadi Metropolitan Baru dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.