Ferry: Pengolahan Sampah Yang Baik Di Obyek Wisata Dapat Menjadi Contoh Bagi Daerah Lain
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 23 May 2021 14:09 , Dilihat Sebanyak : 123 Kali

Kepala Bappeda Jabar, Ferry Sofwan Arif beserta Deputi Perekonomian dan Kemenkomarves meninjau calon lokasi pembangunan TPA Bojongsari, Pangandaran, Minggu (23/5).

Nantinya TPA ini akan menampung sampah dari 4 kecamatan. Untuk pembuatan TPA ini, desain sudah disetujui oleh pemerintah pusat. TPA ini sudah tahap sanitary, tidak lagi open dumping. Sebab TPA Bojongsari ini hanya menampung residu dari TPS3R. Disini sampah tidak hanya dibuang, namun juga diolah.

Terkait pelayanan kebersihan hanya baru berkonsentrasi di wilayah Pangandaran saja, karena keterbatasan dana, armada, dan sumber daya manusia. Sehingga akan difokuskan terlebih dahulu pada obyek wisata.

Ferry menyampaikan bahwa dengan pengolahan sampah yang baik, terutama pada obyek wisata, akan menjadi contoh bagi daerah lain untuk memberikan kenyamanan di tempat wisata. Salah satunya adalah pada kebersihannya.

Penentuan titik lokasi pembangunan TPA ini melalui sosialisasi kepada warga dan sudah mendapatkan persetujuan dari warga sekitar, sebanyak kurang lebih 50 kepala keluarga dari Desa Sindang Wangi, Desa Kedung Wuluh, Desa Karang Sari, dan Desa Bojong Sari. Adapun kompensasi yang diminta warga adalah berupa pelebaran jalan.