Disdik Jabar Optimistis 100 Persen UNBK SMA/MA Tahun Ini
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 16 Mar 2018 08:36 , Dilihat Sebanyak : 32 Kali

BANDUNG, REPUBLIKA.CO.ID — Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat optimistis ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk tingkat SMA/MA tahun ini bisa terealisasi 100 persen. Tahun 2017 lalu, capaian UNBK di Jabar untuk tingkat SMA/MA hanya mencapai 80 persen.

“Untuk tahun ini kami optimis target 100 persen UNBK bisa tercapai,” kata Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hami Seno kepada Republika.co.id, Kamis (15/3)

Menurut Yesa, persiapan untuk UNBK tahun ini lebih maksimal dibanding sebelumnya. Dari sisi sarana dan prasarana sudah memadai. Demikian pula dengan petugas pengawas sudah lebih maksimal. Ia mengakui beberapa waktu lalu masih ada kendala di Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Di Garut, kata dia, awalnya ada sebanyak 45 madrasah aliah (MA) yang terkendala sarana. Demikian juga di Kabupaten Bandung ada sebanyak dua MA yang menghadapi hal serupa.

“Namun, setelah kita tangani persoalan tersebut akhirnya bisa diatasi dan sekolah tersebut sudah siap mengikuti UNBK,” ujar dia.

Untuk tahun ini, lanjut Yesa, jumlah siswa SMA yang mengikuti UNBK sebanyak 213.076 peserta dari 1.530 sekolah yang ada di Jabar. Sedangkan, untuk tingkat MA sebanyak 67.275 siswa dari 1.118 sekolah akan mengikuti UNBK. Sementara, untuk tingkat SMK ada sebanyak 314.271 siswa dari 2.683 sekolah yang mengikuti UNBK.

“Baik untuk tingkat SMA, MA, dan SMK sudah siap mengikuti UNBK. Sarana dan prasarana sudah sangat memadai. Mudah-mudahan tidak ada kendala berarti,” tutur dia.