Deddy Mizwar Peringatkan Ibu-ibu tak Belanja Berlebihan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 26 Jul 2013 20:22 , Dilihat Sebanyak : 37 Kali

Penulis : Tya Eka Yulianti – detikBandung

Bandung – Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar memperingatkan ibu-ibu agar tidak berlebihan dalam membeli kebutuhan pokok selama Ramadan maupun menjelang Lebaran nanti. Karena menurutnya, kenaikan harga-harga barang salah satunya dipicu oleh ketakutan masyarakat yang khawatir kehabisan barang sehingga cenderung membeli melebihi kebutuhannya.

Hal itu disampaikan Deddy saat membuka Ramadhan Fashion Expo di Graha Manggala Siliwiangi, Jalan Aceh, Kamis (25/7/2013).

Ia mengatakan, bukan merupakan hal yang aneh jika setiap menjelang dan selama bulan Ramadan, ada peningkatan kebutuhan pangan dan sandang di masyarakat.

“Kita tidak bisa menghindari adanya peningkatan kebutuhan pangan dan sandang menjelang dan selama Ramadan, sampai nanti Lebaran. Dari kondisi itu akan diikuti kenaikan harga yang signifikan,” ujar Demiz.

Kenaikan harga dituturkan Demiz terjadi akibat adanya ketidakseimbangan pasokan dengan kebutuhan yang melonjak akibat hambatan distribusi barang.

“Karena barang yang sedikit, masyarakat jadi banyak mencari namun sulit dijangkau,” katanya.

Namun ia pun mengatakan bahwa kenaikan harga terkadang bukan karena pasokan semata tapi ada faktor psikologis masyarakat yang ketakutan kehabisan barang sehingga kerap berbelanja melebihi kebutuhan.

“Nah, ini nih ibu-ibu yang biasanya begitu,” tuturnya.

Namun Demiz mengatakan, tingginya transaksi jual beli di masyarakat juga membuat dampak positif dimana adanya pertumbuhan ekonomi.

(tya/tya)