Bupati: Perayaan Hari Jadi ke- 399 Cianjur Bakal Berbeda
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 14 Jul 2016 17:17 , Dilihat Sebanyak : 291 Kali

Antarajabar.com.- Bupati Cianjur Jabar Irvan Rivano Muchtar berjanji akan memberikan kesan berbeda pada perayaan  Hari Jadi Cianjur dengan berbagai suguhan dan tampilan yang akan menyemarakkan dan memeriahkan perayaan itu.

“Acara HJC kali ini dimulai dengan agenda ziarah ke Makam Dalem Cikundul yang diikuti seribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Cianjur, dilanjutkan dengan banyak kegiatan lain,” kata Irvan di Cianjur, Selasa.

HJC diperingati setiap tanggal 12 Juli dan pada 2016 merupakan hari jadi ke-339.

Dia menjelaskan di makam tokoh pendiri Cianjur, ribuan santri membacakan solawat badar, mulai dari parkiran makam hingga lokasi makam dengan membawa penerangan obor.

Selanjutnya dalam perayaan tersebut Pemkab Cianjur akan menggelar helaran atau pawai serta mendirikan tujuh panggung kreativitas yang rencananya dilaksanakan mulai dari depan pendopo Cianjur, hingga ke depan gedung Dewan Kesenian Cianjur (DKC).

“Untuk tema acaranya sendiri yaitu “70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival”, ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Cianjur. Untuk agenda pawai rencananya akan digelar antara 18-20 Juli,” katanya.

Bahkan, ungkap dia, ada parade bedug-kohkol, mobil hias dan masih banyak keterampilan dan kesenian Cianjur yang akan disuguhkan untuk warga pada ulang tahun Cianjur kali ini, dengan tujuan dapat menghibur warga dan acaranya lebih positif.

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman menambahkan perayaan HJC tersebut akan digelar dalam dua waktu berbeda dengan melibatkan dan menampilkan kesenian, budayawan dan seniman dari luar kota yang diundang untuk memeriahkan acara tersebut.

Untuk perayaan pertama, pemkab akan menggelar pameran di Pasar Induk Pasirhayam, dimana kegiatan tersebut tidak hanya dalam menyambut HUT Cianjur melainkan juga menyambut Hari Jadi Jawa Barat ke-70. “Rencananya tanggal 16 Agustus akan digelar pameran sekaligus untuk meramaikan pasar yang baru diresmikan,” katanya.

Ia menyebutkan Pemprov Jabar mendukung digelarnya pameran tersebut. Sedangkan perayaan kedua atau puncak kemeriahan akan dilakukan pada 18 Agustus, sehari setelah peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Perayaan HJC akan digelar selama 24 jam, sejak sesudah subuh hingga menjelang subuh.

“Seniman dan budayawan dari luar Cianjur akan diundang untuk memeriahkan perayaan kali ini dengan harapan Cianjur dapat bangkit dan makin jago.” (Ahmad Fikri/Sapto HP)