Bappeda Jabar Selenggarakan Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 04 Apr 2017 16:09 , Dilihat Sebanyak : 296 Kali

Soreang, Bappeda Jabar.- Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Bidang Ekonomi bersama perwakilan Organisasi Perangkat Daerah serta Bappeda Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat di Hotel Sutan Raja, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (4/4/17).

Maksud dilaksanakannya Rakor Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi Provinsi Jawa Barat yang bertajuk “Sinergi Perencanaan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten/Kota dalam rangka menuntaskan Janji Gubernur dalam RPJMD 2013-2018” tersebut untuk penajaman usulan kegiatan prioritas BTL (Bantuan Tidak Langsung) Kabupaten/Kota tahun 2018 hasil Pra Musrenbang Wilayah Tahun 2017.

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan tersebut yaitu Mendapat Listing usulan kegiatan prioritas BTL Kabupaten/Kota Tahun 2018 yang dapat mendukung penuntasan Janji Gubernur dalam RPJMD 2013-2018.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jawa Barat Tahun  2005-2025 yang dijabarkan secara rinci ke dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2018, untuk selanjutnya menjadi acuan perencanaan periode tahunan dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Provinsi Jawa Barat berkewajiban untuk mengaplikasikan janji Gubernur kedalam program-program Strategis Pembangunan Daerah. Salah satu cara yang diambil adalah dengan adanya rangkaian Musrenbang yang menjaring usulan-usulan yang berkaitan dengan kepentingan provinsi, kabupaten/kota dan pemerintah pusat.

Bappeda Jawa Barat dalam hal ini sebagai salah satu perangkat daerah yang berfungsi untuk merencanakan program dan kegiatan pembangunan di Jawa Barat kemudian melaksanakan kegiatan rapat koordinasi dengan peserta seluruh kabupaten/kota yang dipadukan dengan unsur akademisi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perencanaan pembangunan yang khusus membahas kegiatan program dilingkup bidang ekonomi.

Materi yang dibahas pada Rakor Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi Provinsi Jawa Barat,  terdiri dari :

  1. Paparan Sinergi Perencanaan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka menuntaskan Janji Gubernur dalam RPJMD 2013-2018 oleh Kodrat Wibowo, SE., P.hD yang merupakan Dosen Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung.
  2. Integrasi Adaptasi Perikanan Tangkap Terhadap Dampak Perubahan Iklim pada Perencanaan Pembangunan Pesisir Selatan Jawa Barat oleh Djoko Santoso Abi Suroso, Ph.D., Dosen Institut Teknologi Bandung.

Diharapkan dengan adanya kegiatan rakor maka usulan-usulan yang strategis dan berkaitan dengan janji Gubernur akan dapat terealisasikan pada tahun 2018 sehingga tercapai visi pemerintah Jawa Barat yaitu “Jawa Barat Maju dan Sejahtera Untuk Semua.”