Bappeda Jabar akan Menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD 2018-2023
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 25 Sep 2018 17:55 , Dilihat Sebanyak : 139 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR — Bappeda Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Provinsi Jawa Barat. Terbagi menjadi 5 misi, konsultasi publik rancangan awal RPJMD ini akan diselenggarakan selama 2 hari, 26 hingga 27 September 2018. Forum Konsultasi Publik untuk Rancangan Awal RPJMD dengan tujuan memperoleh masukan untuk penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD bagi Jawa Barat selama 5 tahun kedepan.

RPJMD menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara arif tentang visi, misi dan agenda kepala daerah terpilih dalam tujuan, sasaran, startegi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolak ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah terkait pelaksanaan RPJMD adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah dalam jangka waktu selama 5 tahun, RPJMD berisi penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional.

Jabar Juara Lahir Batin menjadi tujuan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 yang dibantu oleh seluruh perangkat daerah Provinsi Jawa Barat. Dalam hal ini, Bappeda bertugas menyelenggarakan kebijakan teknis bidang perencanaan pembangunan daerah provinsi, menyelenggarakan koordinasi, pembinaan, pengendalian, fasilitasi dan pelaksanaan urusan pemerintahan Daerah Provinsi di bidang perencanaan pembangunan daerah.

Peserta yang terlibat dalam Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Provinsi Jawa Barat adalah seluruh Kepala Dinas Perangkat Daerah terkait, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Lembaga-Lembaga terkait, LSM, dan yang orang-orang yang ahli di bidang terkait penyusunan RPJMD.