Bappeda Gelar acara Kick Off Meeting Pelaksanaan TPB/SGDs Jawa Barat
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 01 Nov 2017 16:30 , Dilihat Sebanyak : 353 Kali

Dalam rangka koordinasi semua pihak dalam pelaksanaan dan penyusunan Rencana Aksi Daerah Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs) Provinsi Jawa Barat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat menggadakan acara Kick Off Meeting Pelaksanaan TPB/SGDs Jawa Barat dilaksanakan pada Rabu (1/11) di Ballroom Crowne Plaza Bandung.

Kegiatan yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 ini bertujuan untuk membangun kesepahaman bersama seluruh sektor pembangunan di Provinsi Jawa Barat tentang kerangka kerja TPB/SDGs dan implementasinya di tingkat daerah.

Seperti diketahui TPB/SDGs dibentuk dengan tujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumber daya yang terkandung didalamnya dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, dilanjutkan dengan paparan tentang Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ SDGs oleh Dr. Arum Atmawikarta, MPH dari Sekertariat SDGs Nasional.

Kemudian paparan disampaikan juga oleh Timotheus Lesmana dari FIlantropi Indonesia. Ia membahas tentang Peran Filantropi dalam Pencapaian TPB/ SDGs. Tak ketinggalan, peran akademisi dari SDGs Center UNPAD Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, S.E., M.A., memberikan paparan tentang Proyeksi Baseline indikator TPB/ SDGs Jawa Barat.

Dr. Entang Sastraatmadja selaku moderator berharap bahwa setelah Kick Off Meeting ini ada langkah lain yang lebih nyata dan bisa memberi pencapaian yang berkelanjutan.

“Saya melihat ada semangat mengintegrasikan antara tujuan SDGs dengan perencanaan RPJMD di Provinsi atau Kabupaten/Kota. Maka, itu menjadi hal yang sangat penting dan strategis.” Imbuh Entang.

Kegiatan Kick Off Meeting ini bisa mengarahkan kepada 3 poin penting, diantaranya:

  1. Memberikan pemahaman tentang kerangka kerja SDGs dan pelaksanaannya di tingkat daerah.
  2. Memberikan pemahaman struktur, tugas, dan fungsi kelembagaan koordinasi pelaksanaan SDGS khususnya koordinasi antara Provinsi dan Kabupaten/Kota.
  3. Memberikan pemahaman tentang teknis penentuan indikator dan penyusunan rencana daerah SDGs ditingkat Provinsi.

Pada kegiatan ini hadir juga perwakilan SKPD di lingkungan Provinsi Jawa Barat, bidang atau sub bidang pada SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang terkait dengan pelaksanaan TPB/SDGs, sektor bisnis, lembaga filantropi, akademisian, media, lembaga swadaya masyarakat, dan kelompok masyarakat yang terlibat dalam kelembagaan pelaksanaan TPB/SDGs Provinsi Jawa Barat. (Humas Bappeda)