Bangun Dermaga Patimban, Pusat Kucurkan Rp 65 M
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 31 Dec 2014 02:47 , Dilihat Sebanyak : 108 Kali

Bandung – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan akan menggelontorkan dana Rp 65 miliar untuk meneruskan pembangunan dermaga Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. “Dananya bersumber dari APBN 2015,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Abdurakhman saat ditemui Tempo di kantornya, Senin, 29 Desember 2014.

Saat ini, proses pembangunan dermaga Pelabuhan Patimban sudah mencapai 2 kilometer dengan lebar 8 meter. Sebentar lagi sampai di air warna biru, lalu, di bagian ujungnya akan dibangun lagi dermaga menyilang, “Kelak kalau sudah jadi 100 persen, dermaganya jadi letter T,” ujar Abdurakhman.

Dan di lokasi bentuk T itu, menurut Abdurakhman, kapal-kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Patimban ditambatkan. Sehingga, lambung kapal dijamin tidak akan menyentuh dasar laut karena berada dalam kedalaman yang ideal.

Sebelum pelabuhan tersebut beroperasi, Pemerintah Kabupaten Subang telah menyelesaikan semua kewajibannya, terutama menyangkut pengadaan lahan untuk akses jalan termasuk lahan untuk gedung perkantorannya.

Menurut dia, Pemkab Subang telah menyiapkan skenario jika Pelabuhan Patimban kelak akan diubah menjadi pelabuhan internasional sebagai penggandeng pelabuhan internasional Tanjung Priok yang sudah jenuh. “Semua persiapannya sudah kami matangkan,” katanya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang Besta Besuki menambahkan, akses jalan menuju dan keluar Pelabuhan Patimban yang dibuat mulai dari mulut jalan utama Pantai Utara Pusakanagara hampir kelar. “Panjangnya sekitar 10 kilometer dengan lebar 20 meteran, sudah diratakan dan dikeraskan, tinggal di-hotmix atau dibeton,” ujarnya.

Sesuai dengan kesepakatan, pembagian tugas dan kewenangan, soal pembetonan jalan, semuanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat. Kelak jalan akses tersebut akan menjadi akses jalan menuju gerbang tol Cikopo-Palimanan di Cilameri, Kota Subang, yang jaraknya sekitar 30 kilometeran.

Pantauan Tempo, proses pembangunan dermaga utama Pelabuhan Patimban terus dikebut. Para pekerja tampak mengerjakan pembeton jalan bagian penahan kiri dan kanan jalan dengan lebar delapan meter itu. Hal sama juga dilakukan pada bagian samping dan bawah dermaga. “Sedang melakukan kerjaan finishing,” ujar seorang tukang bagian pengacian tembok penahan dermaga.

Di laut lepas antara utara dan timur perbatasan Subang-Indramayu, tampak sejumlah kapal tongkang pengangkut batu bara yang akan mengirim batu bara ke PLTU Indramayu dan sejumlah industri di Subang tampak terparkir mengapung. “Kalau bangunan dermaga Pelabuhan Patimban sudah selesai, semua kapal tersebut akan bersandar di sana,” ujar Besta.