Atlet Jabar Dominasi Emas Indonesia di SEA Games 2017
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 29 Aug 2017 14:31 , Dilihat Sebanyak : 36 Kali

JELANG penutupan SEA Games 2017, perburuan medali masih berlangsung. Sampai dengan Minggu, 27 Agustus pukul 22.00 waktu setempat, Indonesia berada di posisi 5 besar dengan 31 emas, 50 perak dan 58 perunggu. Dari keseluruhan medali emas itu 9 emas disumbangkan oleh atlet asal Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku senang atas sumbangsih atlet Jabar untuk SEA Games 2017. Meski demikian, di arena banyak laporan kecurangan yang perlu dievaluasi oleh panitia penyelenggara.

“Saya mendapat laporan dari Ketua KONI Jabar bahwa di arena, atlet kita perlu mendapat banyak support. Kehadiran kami di sini semoga di pertandingan yang masih tersisa Indonesia dapat menambah pundi medali melalui nomor pertandingan yang diunggulkan”, ujar Aher pada temu silaturahim atlet dan pelatih asal Jabar di Hotel Mandarin Oriental, Kuala Lumpur, Minggu, 27 Agustus 2017.

Kunjungannya untuk memberikan dukungan langsung ini didampingi Kepala Dinas Olah Raga Yudha Munajat, Ketua Komisi V DPRD Jabar Syamsul Bahri, dan Anggota Komisi V Asyanti Rozana Talib.

Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin menyebut, atlet Jabar telah menyumbang 9 dari 31 emas Indonesia, mereka adalah :

Hendro, Eki Febri Ekawati dan Agus Prayogo dari cabor atletik; Sri Ranti dari panahan; Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha dari silat beregu putra; Triady Fauzi Sidiq dari cabor renang; Iksan Apriyadi dari cabor judo, Muhamad Naufal dari cabor menembak; serta atlet Jabar yang memperkuat bulutangkis beregu putra.

“Syukur Alhamdulillah, kontingen Indonesia diperkuat oleh atlet terbaik asal Jabar, dan mereka mendominasi raihan emas bagi Indonesia,” kata Ahmad Saefudin.

 

Kadeudeuh

Dalam kesempatan itu, Aher juga menyerahkan bantuan uang “kadeudeuh” dari Pemprov Jabar senilai  Rp 1,4 miliar untuk semua kontingen Indonesia di SEA Games 2017 asal Jabar, mereka terdiri dari 131 atlet, 17 pelatih dan 3 orang wasit.

Para atlet terlihat senang mendapat kunjungan rombongan dari Pemprov Jabar, “Senang sekali sudah ditengok Pa Gubernur, para atlet disini perlu support,” ujar salah satu atlet judo peraih emas, Iksan Apriyadi.

Silaturahim tersebut dihadiri beberapa perwakilan atlet yang masih tinggal di Kuala Lumpur, karena sebagian besar atlet sudah kembali ke tanah air. Gubernur Jabar sendiri dijadwalkan  untuk menyaksikan pertandingan Final Taekwondo SEA Games 2017 di Hall 1, Kuala Lumpur Convention Centre, pkl. 14.00 waktu setempat.