Atlet Angkat Berat Jabar Pecahkan Rekor Asia
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 13 Mar 2018 09:03 , Dilihat Sebanyak : 54 Kali

BANDUNG, PR — Altet angkat berat Jawa Barat Muhammad Yusuf kembali menorehkan prestasi di luar negeri. Muhammad Yusuf meraih satu medali emas sekaligus menorehkan rekor di level Asia pada Kejuaraan Malaysia Classic Powerlifting Open di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu 10 Maret 2018 sampai Selasa 13 Maret 2018.

Pada kejuaraan tersebut, Muhammad Yusuf meraih medali emas kelas 83 kilogram klasik yang diikuti 22 atlet.

Muhammad Yusuf mencatatkan total angkatan 722,5 kg yang terdiri atas 225 kg (squat klasik), 170 kg (bench press klasik), dan 327,5 (deadlift klasik). Pada angkatan deadlift klasik, Muhammad Yusuf secara khusus memecahkan rekor Asia sebelumnya atas nama Anual dari Kazakstan (325 kg yang ditorehkan 24 November 2017).

“Ini adalah hasil yang membanggakan tentunya karena Muhammad Yusuf bersaing dengan puluhan lifter berkualitas dari sejumlah negara. Apalagi, dia menjadi yang terbaik pada tiap angkatan dan memecahkan rekor Asia khusus deadlift klasik,” ujar Pelatih Angkat Berat Jabar Usdi Permana saat ditemui di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin 12 Maret 2018.

Kejuaraan angkat berat klasik (tanpa perlengkapan khusus angkat berat) ini bersifat terbuka dan diikuti atlet asal Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Indonesia, dan tuan rumah Malaysia.

Usdi mengatakan, kendati sudah berpengalaman mengikuti berbagai kejuaraan hingga level dunia, kejuaraan angkat berat klasik di Malaysia itu tetap penting bagi Muhammad Yusuf. Pasalnya, kejuaraan itu bisa menjadi bekal untuk kejuaraan angkat berat dunia yang digelar di Swedia beberapa bulan ke depan.

“Selain itu, prestasi di Malaysia juga bagus bagi karir Muhammad Yusuf karena dia nantinya akan terus diundang di berbagai kejuaraan internasional,” kata Usdi.