Alih Fungsi Lahan Di Hulu Sungai Perlu Ditekan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 17 Oct 2016 11:34 , Dilihat Sebanyak : 294 Kali

Bisnis.com, BANDUNG–Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) meminta pemerintah untuk menekan alih fungsi lahan di sekitar hulu daerah aliran sungai (DAS) mengingat potensi bencana di Jabar cukup tinggi.

Ketua FK3I Dedi Kurniawan mengatakan salah satu untuk menekan alih fungsi lahan yakni menyetop perizinan bagi bangunan komersil di sekitar hulu seperti kawasan wisata maupun perumahan. Di samping itu, rencana tata ruang wilayah (RTRW) untuk kawasan hulu DAS harus tetap hijau tidak diperbolehkan mendirikan bangunan apapun.

 

“Hal ini memang memerlukan waktu jangka panjang. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila pemerintah berkomitmen untuk mewujudkannya,” ujarnya seperti dikutip Bisnis.com, Minggu (16/10/2016).

 

Dia menjelaskan, bencana yang terjadi di Jabar belakangan ini salah satunya dipicu oleh maraknya pembangunan di sekitar hulu DAS. Hal ini menyebabkan resapan air tidak maksimal yang mengakibatkan air hujan langsung membawa material tanah serta pohon melalui aliran sungai.

 

Untuk jangka pendek, pemerintah perlu melakukan mitigasi bencana secara optimal mengingat potensi bencana di Jabar ke depan masih cukup tinggi.

 

“Sekarang solusi jangka pendek mitigasi. Pemerintah setiap saat perlu memperingatkan masyarakat yang bermukim di kawasan rentan bencana,” ujarnya.