Aher: Seluruh Venue Secara Fungsional Sudah Siap
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 24 Aug 2016 11:13 , Dilihat Sebanyak : 65 Kali

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Umum PB PON, Ahmad Heryawan (Aher) memastikan bahwa seluruh venue pertandingan untuk PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar secara fungsional telah siap untuk digunakan. Walaupun sedikit meleset dari target awal yaitu bulan Juni, namun seluruh venue yang mempertandingkan 44 Cabang Olahraga dan tersebar di 14 Kabupaten dan Kota di Jabar sudah siap untuk menggelar pertandingan resmi dan test event.

“Saya bisa katakan venue seluruhnya secara fungsional sudah selesai, walaupun tidak sesuai jadwal, agak molor karena saya kan inginnya bulan Juni tapi minimal tidak terlambat. Jadi tidak akan mengganggu pertandingan, semuanya sudah siap untuk digunakan,” kata Aher usai meninjau venue Senam, Baseball dan Volly Pasir di SOR Arcamanik Kota Bandung, Senin (22/08/16).

Aher memastikan sarana penunjang lainnya seperti taman dan jalan di area sekitar venue yang di beberapa venue masih ada pengerjaan akan diselesaikan secepatnya.

“Seminggu kedepan sudah bisa kita perbaiki tamannya, paving bloknya, taman juga kan harus bagus, tapi ketika memperbaiki itu semua tidak mengganggu fungsinya, makanya tadi saya katakan secara fungsional selesai,” ujarnya

“Jangan sampai ketika pertandingan masih ada pengerjaan, itu yang paling penting,” tambah Aher.

Walaupun pembangunan venue dikerjakan secara cepat, namun kata Aher, kualitas tetap menjadi utama. Venue untuk pertandingan PON harus berstandar nasional bahkan internasional.

“Walaupun dikebut tapi kita tidak mengesampingkan kualitas sebab itu yang utama, tentu kualitas kita prioritaskan juga, ada fase pemeliharaan juga setelah pon selesai kita rapikan lebih lanjut,” tuturnya.

Hanya satu venue saja yang saat ini masih dalam proses pengerjan yaitu Cabor Tenis yang terletak di sekitar Taman Maluku Kota Bandung, itupun hanya satu dari tiga venue Cabor Tenis. Saat ini pengerjaan venue tersebut masih 90 persen. Aher menargetkan akhir Bulan Agustus sudah tidak ada lagi pembangunan di venue itu dan siap untuk digunakan. Ia yakin karena dalam pembangunannya anggota TNI ikut dilibatkan.

“Satu saja yang belum Venue Tenis yang di Taman Maluku itupun hanya satu diantara tiga lapang tenis yang dipakai jadi bukan keseluruhan, sekarang sudah 90 persen dikebut pasti kekejar karena dibantu oleh anggota TNI, kemarin saya kesana, TNI ikut kerja,” jelasnya.

PON XIX Jabar akan dimulai dari tanggal 17 sampai 29 September 2016. Masyarakat diharapkan turut mendukung dan mensukseskan event olahraga terbesar ini. Bagi masyarakat yang ingin mendukung kontingennya saat pertandingan panitia tidak memungkut biaya.

“Gratis, ya tentu pada event-event yang bisa di tiketkan kalau ada pemasukan bagus, final katakanlah,” ujar Kadisorda Jabar M. Yudha Saputra yang mendampingi Gubernur.