Aher Dianugerahi Gelar  I Baji Pau Daeng Makkana
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 20 Oct 2017 08:53 , Dilihat Sebanyak : 12 Kali

MAKASSAR – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) kini memiliki gelar baru yaitu I Baji Daeng Pau Makkana, atau warga kehormatan Provinsi Sulawesi Selatan atas jasa dan dukungan dalam berbagai bentuk kerjasama.

Gelar tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat upacara peringatan hari jadi Provinsi Sulsel Ke-348, yang dipusatkan di Center Point of Indonesia, Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar, Kamis (19/10/2017).

Gelar I Baji Daeng Pau Makkana sendiri memiliki makna orang yang bijak dalam perkataan dan selalu bertutur kata baik.

“Alhamdulillah mudah-mudahan penilaian Pak Gub Sulsel terhadap saya adalah penilaian Tuhan juga kepada saya, kan biasanya saksi Allah itu adalah makhluk-makhluk Nya, ketika makhluk-makhluk Nya mengatakan baik kepada kita mudah-mudahan itu kesaksian Allah kepada kita secara langsung lewat makhluk Nya,” ujar Gubernur Aher ditemui usai acara.

Aher mengungkapkan, hubungan antara Jabar dengan Sulsel sudah terjalin baik sejak lama. Seperti kerjasama dalam bidang peternakan, pertanian, pendidikan, teknologi dan industri strategis lainnya.

“Hubungan sejauh ini sudah sangat bagus kita sudah kerjasama dalam bidang Mitra Praja Utama (MPU), bidang pertanian dan peternakan, banyak produk dari sini khususnya daging sapi sampai ke Jabar. Alhamdulillah hari ini dipererat lagi dengan diberikannya gelar kehormatan ini,” ungkapnya.

Antara Jabar dan Sulsel hubungan yang baik tersebut tidak hanya antargubernur saja seperti saat ini. Tetapi jauh sebelumnya kedua daerah tersebut memiliki sejarah yang cukup panjang. Organisasi tertua di Jabar yaitu Paguyuban Pasundan salah satu sesepuhnya adalah keturunan Makassar yaitu Daeng Kanduruan Adiwinata. Selain itu, di jaman kerajaan, pasukan Siliwangi juga pernah ditugaskan membantu keamanan di Sulsel. Sejumlah putra-putra Jabar juga pernah menjabat sebagai Pangdam dan Kapolda Sulsel serta berdirinya Forum Masyarakat Sunda Ngumbara di Makassar.

“Saya sepakat dengan Gubernur Sulsel bahwa orang Sulsel itu bukan hanya orang Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja saja tapi semua orang yang ada di Sulsel sepanjang mengembangkan dan mencintai itu adalah orang Sulsel,” terang Aher.

Atas nama Pemprov dan masyarakat Jabar dalam kesempatan tersebut Aher pun menyampaikan selamat hari jadi ke 348 Provinsi Sulawesi Selatan.

“Atas nama Pemprov dan masyarakat Jabar kami mengucapkan selamat ulang tahun Sulawesi Selatan ke 348 Selamat semoga semakin maju, berjaya, menghadirkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya bersama Jabar sebagai satu kesatuan dari NKRI,” tutup Aher.