Aher: Cabor Ski Air dapat digelar Sesuai Rencana
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 08 Sep 2016 16:10 , Dilihat Sebanyak : 24 Kali

KBB – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) selaku Ketua Umum PB PON meninjau kesiapan venue pertandingan PON di lokasi Cabang olah raga Ski Air Danau Saguling Kawasan Perumahan Kota Batu Parahyangan Kab. Bandung Barat, Kamis (8/9/16).

Kunjungannya didampingi Pangdam III Siliwangi Mayjen Hadi Prasojo yang juga selaku Ketua Kontingen Atlet Jawa Barat, Kepala Dinas Olah Raga Provinsi Jawa Barat Yudha Munajat, Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin, Indonesia Power UBP Saguling, Panitia pelaksana Cabor Ski Air, dan Technical delegate.

Kunjungan Aher beserta rombongan adalah untuk memastikan bahwa venue cabor ski air masih tetap dapat diselenggarakan. Sebelumnya dilaporkan, Danau Saguling mengalami penurunan Tinggi Muka Air (TMA) hingga 636,25 MBPL sedangkan idealnya untuk ski air adalah 639 MBPL  sehingga  cabor ini  dikhawatirkan tidak dapat digelar di venue tersebut.

“Alhamdulillah, pagi ini setelah dikoordinasikan dapat dipastikan bahwa cabor Ski tidak perlu dikhawatirkan lagi, pertandingan dapat digelar sesuai jadwal dan tempat yang sudah dipilih disini”, ujar Aher usai berkoordinasi dengan berbagai pihak yang berwenang dalam pengaturan debit air Danau Saguling, terdiri dari PT Indonesia Power UBP Saguling, PJB Cirata, PJT II Jatiluhur dan P2B PLN (Pusat Pengontrol Beban).

Pada kesempatan yang sama, Ahli Muda Perencanaan dan Pengendalian Operasi dan Niaga Indonesia Power UBP Saguling Arief Sofyan menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan PON Jawa Barat.

Arif menjelaskan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pusat Pengatur Beban (P2B) di Gandul, Depok, untuk mengatur jumlah air yang masuk dan yang keluar sehingga pelaksanaan ski air tetap berjalan sesuai harapan. P2B merupakan pusat yang mengatur beban air se-Jawa Bali.

“Waduk Saguling saat ini TMA-nya itu 636.25 mdpl, tapi kami (P2B dan IP) akan saling mengkoordinasikan untuk naik lebih ke 637 mdpl dalam dekat, ya kira-kira naik 1 mdpl” Kata Arif.

Meski demikian, Ketua Bidang Pertandingan PB PON Yudha Munajat mengatakan PB PON tetap menyiapkan rencana venue cadangan di Waduk sisi timur dari venue eksisting di Waduk sisi barat.

“Plan B kita menyiapkan lokasi kedua yang topografinya cocok, kebetulan TMA disana sangat mendukung, kami bersama TNI sedang siapkan sarana pendukungnya,” katanya.

Beranjak dari venue Ski Air, dalam kesempatan itu juga Gubernur meninjau Holding Area Bale Pare di Komplek Kota Baru Parahyangan, yaitu tempat titik kedatangan jalur darat beberapa kontingen PON dari berbagai provinsi. Aher memberikan apresiasi kepada Manajer City Kota Baru Parahyangan yang telah bersedia memberikan fasilitasnya secara cuma-cuma untuk menampung sejumlah kontingen. “Ini bagian dari kearifan lokal Sunda yang someah hade kasemah, terima kasih kepada Kota Baru Parahyangan atas fasilitasinya, kami sangat menghargai itu”, ujar Aher.

Cabang olahraga (cabor) ski air yang akan mempertandingkan 12 nomor. Seperti nomor per orangan jumping putra putri, per orangan overall putra putri, per orangan slalom putra putri, tim-tim water sky campuran, per orangan track riding putra putri, per orangan wakeboard campuran dan per orangan wakeboarding putra putri.

Sebagai tim tuan rumah, Jabar akan turun di semua nomor, dengan target enam medali emas.