Ade Barkah Jabat Wakil Ketua DPRD Jabar
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 01 Aug 2016 14:35 , Dilihat Sebanyak : 158 Kali

Antarajabar.com.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menetapkan Ade Barkah Surahman sebagai pengganti Irrianto M.S Syafiuddin atau Yance Cebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat.
Penetapan dan pergantian posisi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat tersebut diputuskan melalui sidang paripurna DPRD Jawa Barat, di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis.

Yance yang merupakan politisi Partai Golkar Jawa Barat ini diganti karena terjerat perkara korupsi pengadaan tanah dalam proyek pembangunan PLTU Sumur Adem, Kabupaten Indramayu tahun 2004 saat masih menjabat sebagai Bupati Indramayu.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menuturkan pergantian tersebut merupakan usulan dari DPP Partai Golongan Karya, DPD Partai Golkar Jawa Barat dan Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Jabar.

Ineu mengatakan telah menerima surat penggantian Yance dari partai belambang pohon beringin ini sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah/Lebaran 2016. “Jadi saya sudah terima suratnya dari sebelum Lebaran,” kata dia.

Menurut dia usulan tersebut diajukan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher untuk kemudian ditindaklanjuti.

“Setelah itu Pak Gubernur mengajukann Ke Kemendagri setelah itu Kemendagri yang akan menetapkan dengan mengeluarkan SK pengangkatan Ade,” ujarnya.

Ia mengatakan, penggantian ini akan memberi dampak positif terhadap kinerja DPRD Jabar karena sebelumnya terjadi kekosongan pimpinan, akibat kasus hukum yang menjerat Yance.

Politisi perempuan dari Fraksi Partai PDIP Jawa Barat ini berharap, kinerja dan soliditas DPRD Jabar dapat lebih baik lagi. Kerjasama dengan eksekutif bisa lebih baik demi pembangunan Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi mengatakan pihaknya segera merespons kekosongan pimpinan dewan paska ditetapkannya status hukum Yance.

DPD Partai Golkar Jawa Barat, kata Dedi, memilih Ade sebagai pengganti Yance berdasarkan struktur politik di DPD Partai Golkar Jawa Barat dan saat ini, Ade menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar.

“Saya juga melihat sosok Ade memiliki kemampuan dan amanah untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jabar,” kata Dedi. (Ajat S/Irawan)