Bappeda Jabar Terima Kunjungan Bappenas RI Dalam Rangka Evaluasi Pembangunan Daerah
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 20 Aug 2019 14:06 , Dilihat Sebanyak : 39 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR – Bappeda Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan dari Direktorat Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Daerah Bappenas RI di Ruang Sidang Infrastruktur dan Kewilayahan, Kantor Bappeda Jabar, Jl. Ir.H. Juanda No.287, Kota Bandung, Selasa (20/08).

Mewakili Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang Infrastuktur dan Kewilayahan, Ady Rachmat menerima kunjungan dalam rangka evaluasi pembangunan daerah khususnya poyek prioritas nasional di Provinsi Jawa Barat.

Salah satunya membahas proyek prioritas di Jawa Barat yaitu pembangunan Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Aerocity yang menjadi engkar dari konsep pengembngan Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban dan Kertajati).

Menurut Kepala Bidang Infrastuktur dan Kewilayahan, 3 engkar ini dilakukan untuk proses pengembangan ekonomi Jawa Barat bagian Timur. Rencananya 3 engkar dalam tata ruang akan menjadi KSP, Kota Baru.

Kepala Subdirektorat Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Daerah, Alex Oktavianus mengatakan kunjungan ini dalam rangka penyelenggaraan perumusan kebijakan pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan nasional serta melakukan pengoordinasian pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pengendalian atas kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan.

“Tahun ini mencoba membuat pilot projek evaluasi proyek, jika kedepannya metode ini bisa dikembangkan bisa digunakan Pemerintah Daerah dalam mengevaluasi proyek strategis di daerah masing-masing,” katanya.

Evaluasi ini tidak sekedar memunculkan metodologi, tapi mengusung pada prinsip perencanaan Bappenas yaitu konsep tematik, holistik, integritas dan spasial.

“Kita membangun sebuah kegiatan tujuannya buakn sekedar selesai dilaksanakan, tapi lebih dalam bagaimana proyek itu bisa bermakna bagi pemerintah daerah, masyarakat dan pasti seluruh stakehloder mendapatkan manfaat dari proyek itu,” jelasnya.