12.000 Orang Gotong Royong Bersihkan Citarum
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 07 Nov 2016 11:02 , Dilihat Sebanyak : 109 Kali

Antarajabar.comĀ – Sekitar 12 ribu orangĀ  terlibat dalam kegiatan gotong royong Gerakan Bebersih Citarum setiap hari Jumat hingga akhir Desember 2016, sebagai bagian dari Program Gebrak Citarum dan Sawala Ecovillage Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah dan Lestari).
“Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini adalah dari OPD provinsi, pemkab/pemkot, kader ecovillage dari 175 desa, pelajar hingga masyarakat umum,” kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Jawa Barat Anang Sudarna, disela-sela acara Sawala Ecovillage Citarum Bestari, di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jumat.

Ia menuturkan pergerakan ecovillage (kampung berbudaya) belum cukup dan tentunya akan sangat maksimal jika bersinergi dengan berbagai pihak, khususnya dukungan kebijakan yang lebih pro lingkungan dari pemerintah dan politik anggaran yang memadai.

“Ecovillage menawarkan gagasan kreativitas para pihak untuk saling berbagi pengetahuan, informasi dan inovasi untuk mewujudkan mimpi bersama Citarum Bestari,” katanya.

BPLHD Jawa Barat, kata Anang, akan terus menggalakan kampung berbudaya (ecovillage) di kalangan masyarakat. Hal ini penting untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan sungai.

Menurut dia, Sejak pertama kali dimulai pada 2014, kader ecovillage yang merupakan masyarakat ini terus bertambah jumlahnya.

“Dan saat ini jumlah kader ecovillage sudah mencapai 3.800 yang berasal dari 20 kecamatan di lima kabupaten/kota seperti Bandung, Sumedang, dan Bogor,” kata dia.

Para kader ecovillage tersebut, lanjut Anang, gencar menyosialisasikan sadar lingkungan kepada warga lainnya dan tk hanya itu, mereka pun terlibat aktif dalam pembentukan bank sampah, pembangunan biodigester, rumah kompos, bio gas, dan tempat pembuangan sampah terpadu.

“Sehingga dengan cara seperti ini, kami optimistis akan lebih banyak warga yang tidak membuang sampah ke sungai sehingga kebersihan Citarum akan terwujud. Sudah banyak desa-desa yang mandiri mengembangkan ecovillage. Kami hanya diundang untuk memberikan arahan,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Kader Ecovillage dari Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Ahmad Kurnia, mengatakan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan rutin untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum.

Ia dan sekitar 20 kader lainnya, secara rutin mereka membersihkan lingkungan dengan mengambil setiap sampah yang mengotori sungai.

“Kami juga mengajak warga lainnya agar menekan jumlah sampah dan tidak mengotori sungai. Kami baru mulai sejak 2015,” kata dia.